BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS »

Sunday, August 9, 2009

MARHABAN YA... ROMADHON

MENYAMBUT BULAN SUCI ROMADHON BERSAMA ANAK-ANAKKU

"Telah datang padamu bulan Ramadhan, penghulu segala bulan. Maka sambutlah kedatangannya. Telah datang bulan shiyam membawa segala keberkahan, maka alangkah mulianya tamu yang datang itu."( HR. Ath Thabrani )

Kita insya Allah sebentar lagi akan menghirup udara di bulan Romadhon. Bulan penuh rahmat, berkah dan ampunanNya. Di mana kita insya Alloh akan kembali merasakan indahnya hari2 bahagia penuh penghambaan, kebersamaan, kedekatan, ketundukan, kekhusyu'an pada Allah yang Maha Rahman dan Maha Rahim....Semoga..

Setiap kebaikan yang datang memang selayaknya disambut dan diiringi dengan persiapan-persiapan. Agar berkesan lebih lama, dan terpetilah semua manfa'at.

Teringat akan indahnya juga makna Bulan Ramadhan, teringat juga akan tanggung jawab kita terhadap anak-anak untuk sekedar memperkenalkan ( karena anak kami terbesar belum juga genap 6 th )Ramadhan pada anak-anak. Agar ada kesan indah pada mereka tentag Ramadhan. Jauh hari telah saya persiapkan huruf-huruf untuk dekorasi acara penyambutan Ramadhan. Karena penginnya anak-anak di perkenalkan tentang apa itu Ramadhan bersama dengan teman-temannya yang tergabung dalam TPA di lingkungan kami, Jahra Kuwait.

Saya minta suami mendownload lagu dengan tema Ramadhan dari youtube.Dan Alhamdulillah anak-anakku suka... begini lagunya:

Bulan Ramadhan, bulan mulia....

Yang penuh berkah, yang penuh rahmat, banyak pahala

Kepada hamba yang menginginkan...

Siang harinya kita puasa,Menahan lapar juga dahaga,

Malam harinya Sholat tarawih,membaca Qur'an tak di lupakan..dst...

Itulah sebagian bait dari lagu yang anak-anak sudah hafal termasuk anak saya yang terkecil Muthi'ah ( 2,5 th )

Tapi rencana saya lain pembina TPA beserta wali murid lain menginginkan pertemuan terakhir menjelang Ramadhan bukan acara in door tapi outdoor alias Rihlah.Dan Zoo ( Kebun Binatang ) menjadi pilihan.

Akhirnya saya berfikir, sayang kalau semangat anak-anak saya yang membantu membuat huruf-huruf untuk dekorasi jadi padam gara-gara dekorasi gak jadi di pasang. Dekorasi Ramadhan tetap saya bikin.Bersama mereka sambil belajar huruf2 kami tempel. Betapa bersemangat mereka.Dan dekorasi sederhana untuk menambah semangat mereka menyambut Ramdhan.





Dan merekapun menyanyikan lagu dengan tema Ramadhan, yang telah di download oleh abinya.

Sedikit pengertian tentang makna Ramadhan saya berikan dalam bentuk cerita, sehingga dengan begitu pertanyaan mereka lontarkan. Secara simple seperti bagaimana kalo kita puasa terus lapar. Alia mulai jelaskan, "Aku tahu ummi, puasa itu berarti gak boleh makan & minum. Gak boleh bertengkar sama saudara & teman, ngajinya harus banyak 2 halaman".Cukup lah menurutku sementara, pengetahuan ringan tentang puasa.

Alhamdulillah ya Robb,atas nikmat Mu jua kami merasakan bahagianya hidup ini. Atas karuniaMu jua Engkau cukupkan rezeki pada keluarga kami. Anak-anak kami adalah amanahMu ya Alloh, berikan kemampuan pada kami untuk membimbingNya, agar menjadi hambaMu yang sholihah.

"Ya Allah, berkahilah kami di bulan Rajab dan Sya'ban ini, dan sampaikanlah kami ke bulan Ramadhan.Berikanlah kami kemampuan untuk meraih semua peluang keberkahan di bulan Ramadhan ini, insya Alloh.... Amiin, ya Rabb.

0 comments: